5 Makanan Penurun Kolestrol Yang Alami untu Anda

Posted on

Kolesterol tinggi ialah salah satu penyakit yang mulai banyak dirasakan oleh banyak orang. Bila tidak selekasnya dikontrol, kolesterol yang terlalu tinggi dapat membuat Anda terserang stroke sampai serangan jantung. Tenang, Anda dapat menangani permasalahan kolesterol tinggi ini dengan rutin mengkonsumsi makanan penurun kolesterol, buah penurun kolesterol, obat penurun cholesterol, sampai herbal penurun cholesterol alami. Apa itu?

Pada tubuh manusia ada cholesterol, yang disebut senyawa dengan pembawaan serupa lemak yang hidup dengan alami dalam hampir tiap-tiap anggota badan Anda seperti otak, saraf, otot, usus, hati, serta jantung. Cholesterol hadir dari dua sumber, yakni di produksi oleh hati atau melalui makanan yang Anda makan.

Angka cholesterol normal yang dianjurkan beberapa dokter pada umumnya ialah dibawah 200 miligram per desiliter (mg/dl). Bila Anda lakukan tes persentase cholesterol, pastikan Anda mendapatkan perincian hasil HDL (lemak baik) serta LDL (lemak jahat) juga. Kadar HDL yang baik ialah 60 mg/dl, tetapi makin tinggi angkanya malah makin baik buat Anda. Selain itu kandungan LDL yang aman ialah dibawah 100 mg/dl.

Sumber makanan penurun cholesterol

Buat Anda yang mempunyai cholesterol tinggi, Anda pasti ingin tahu apa sumber makanan penurun cholesterol yang bisa menjadi penyelamat hidup Anda. Nah, di bawah ini beberapa makanan penurun kolesterol yang dapat Anda utamakan, salah satunya:

  1. Minyak zaitun

Minyak zaitun adalah satu diantara makanan penurun cholesterol yang dapat Anda konsumsi. Masalahnya minyak zaitun kaya asam lemak tidak jemu tunggal serta vitamin E. Ke-2 nutrisi ini bisa turunkan LDL cholesterol atau lemak jahat, serta meningkatkan HDL cholesterol alias lemak baik.

Anda dapat memasukan 2 sendok minyak zaitun serta buah zaitun pada salad atau coba menggoreng serta menumis makanan memakai minyak dari buah zaitun itu.

  1. Oatmeal serta makanan memiliki serat tinggi

Siapa yang tak mengenal oatmeal? Banyak orang lebih senang konsumsi oatmeal menjadi makanan diet andalan. Akan tetapi kenyataannya, oatmeal termasuk juga makanan penurun cholesterol, lho!

Oatmeal baik untuk kesehatan sebab memiliki kandungan serat larut yang bisa turunkan kandungan LDL pada tubuh. Serat pada oatmeal bisa kurangi penyerapan cholesterol ke saluran darah. Konsumsi 10 gr serat dari oatmeal bisa mengurangi total cholesterol, termasuk juga cholesterol jahat alias LDL.

  1. Kacang kedelai

Sumber makanan yang datang dari kacang kedelai seperti tahu, tempe, oncom, susu kedelai, atau kembang tahu memiliki kandungan zat isoflavon. Isoflavon ini berperan menjadi zat yang bisa mendesak cholesterol jahat (LDL) supaya tidak berkembang semakin banyak di saluran darah.

Walau demikian, ada hal yang perlu Anda jauhi. Saat memproses bahan makanan dari kacang kedelai, jauhi memasak atau memberikan minyak goreng biasa. Agar lebih sehat, ganti minyak goreng biasa dengan minyak zaitun.

Food and Drugs Administration (FDA) di Amerika Serikat yang sama dengan Tubuh POM di Indonesia merekomendasikan untuk konsumsi sekurang-kurangnya 25 gr protein kedelai /hari menjadi makanan penurun kolesterol.

  1. Kacang-kacangan

Kacang benar-benar sangat pas dikonsumsi menjadi bagian makanan untuk diet. Diluar itu, kacang bisa saja makanan penurun cholesterol yang lezat.

Persis seperti waktu Anda mengandalkannya menjadi makanan diet, kandungan serat larut yang tinggi sekali pada kacang dapat juga menolong kurangi kandungan cholesterol dalam tubuh. Konsumsi kacang seperti buncis, kacang merah, kacang panjang, atau kacang almond dengan teratur saat 6 minggu bisa turunkan cholesterol sampai 10 %.

  1. Ikan salmon

Ikan salmon diperkaya dengan kandungan omega-3 berguna untuk turunkan kolesterol jahat (LDL) serta trigliserida dan tingkatkan produksi cholesterol baik (HDL). Tidak hanya memiliki kandungan omega-3, ikan salmon ikut memiliki kandungan EPA serta DHA yang begitu baik buat kesehatan serta manfaat kerja organ jantung.

Sebuah asosiasi kesehatan di Amerika menyimpulkan jika konsumsi ikan salmon, ikan tuna, sarden, atau makarel, minimum 2 bagian dalam 1 minggu bisa memberikan faedah yang begitu maksimal dalam turunkan cholesterol jahat pada tubuh. Ini berarti, ikan tidak diragukan lagi jadi salah satu makanan penurun cholesterol andalan buat Anda.

Demikian yang bisa kami bagikan perihal makanan penurun kolestrol. Lebih dari itu semua, lebih baik mencegah ketimbang mengobati. Untuk pencegahan Kolestrol alami, bisa cek disini.